Mengenal Area Kerja Photoshop CS3

Tuesday, December 22, 2015



  • Memulai Adobe Photoshop CS3
Interface Adobe Photoshop bisa menjadi tempat yang membingungkan bagi setiap orang yang baru pertama kali menggunakannya. Tetapi anda tenang saja , diblog ini sebisa mungkin saya akan menjelaskan mulai dari dasar tentang Adobe Photoshop.

Disini saya akan menggunakan Adobe Photoshop CS3 karena saya menyukai tampilannya yang simple dan friendly. Sebelum anda memulai pekerjaan desain menggunakan Photoshop sebaiknya anda pastikan dulu bahwa di PC anda sudah terpasang programnya, jika belum ya anda instal terlebih dahulu. Jika belum punya silahkan sobat kunjungi situs resminya.

Jika Adobe Potoshop sudah ter-instal di komputer anda silahkan dibuka, tidak perlu saya jelaskan cara untuk membukanya kan??? cukup double clik pada shortcutnya di dekstop atau cari programnya di program >> adobe >> Photoshop CS3.

  • Area Kerja Adobe Photoshop CS3


Gambar Area kerja Photoshop CS3

Ada beberapa bagian di Photoshop yang akan lebih baik jika kita mengetahuinya, dan gambar diatas adalah screenshot tampilan Adobe Photoshop CS3 ketika dibuka. Berikut penjelasannya :

A. Menu Bar
Menu Bar adalah bagian yang memuat  menu-menu perintah yang terorganisir sesuai dengan topik yang digunakan dan bisa membantu kita dalam mendesain. Contohnya adalah menu Layer yang berisi dengan menu-menu yang berhubungan dengan pallet layers.

B. Option Bar

Option Bar merupakan menu yang muncul ketika kita memilih salah satu tool pada Toolbox. Option Bar berisi informasi mengenai tool yang sedang kita gunakan untuk mendesain , yang isinya selalu berubah-ubah sesuai dengan menu toolbox yang kita pilih. Menu Option Bar ini berada tepat dibawah Menu Bar.

C. Tool Box
 Tool Box merupakan bagian dari Photoshop yang berisi sekumpulan tool yang merupakan perangkat utama untuk mendesain di Photoshop. Secara default tidak semua tool ditampilkan, ada beberapa tool yang disembunyikan. Tanda bahwa didalam ikon tool tersebut masih ada tool yang tersembunyi adalah tanda segitiga kecil di sudut kanan bawah ikon. Untuk memunculkannya cukup dengan klik kanan ikon yang ada tanda segitiganya dan ikon yang tersembunyi akan ditampilkan. Secara default Toolbox berada di bagian kiri jendela Photoshop.
D. Tab Dokumen
 Tab Dokumen merupakan lembar kerja atau area yang bisa kita gunakan untuk mendesain. Kita bisa memasukkan foto, teks, atau mewarnai background / foreground disini. Anda juga bisa merubah tampilannya dengan cara menekan tombol F pada keyboard. 

E. Expand Dock / Collapse to Icon
Excpand Dock / Collapse to Icon merupakan bagian untuk menampilkan atau menyembunyikan Pallete dalam bentuk ikon maupun sempurna. Expand Dock / Collapse to icon ini juga berfungsi untuk mengakses Pallete tanpa harus melalui Menu Bar.

F. Navigator, Histogram dan Info
  • Nafigator  : berfungsi untuk mengatur presentase ukuran tampilan gambar pada dokumen aktif, dengan cara menggeser slide Zoom, mengklik tombol Zoom Out atau Zoom In atau mengetikkan ukuran presentasi gambar pada kotak Zoom.
  • Histogram : digunakan untuk mengetahui informasi tonal warna yang ada digambar.
  • Info : digunakan untuk menampilkan informasi posisi mouse dalam dokumen, informasi warna, ukuran area gambar yang terseleksi dan ukuran file dokumen.
 G. Color Palletes, Swaches dan Style
  • Color Palletes : berfungsi untuk merubah warna Foreground / Background dengan cara klik kotak Foreground / Background, kemudian geser slider untuk memilih warna.
  • Swaches : berfungsi untuk merubah warna Foreground / Background dengan cara klik kotak warna untuk memilih warna Foreground atau tekan Ctrl dan klik kotak warna untuk memilih warna Background.
  • Style : berfungsi untuk memilih dan memasang style pada objek gambar atau layer yang dipilih.
H. Layers, Channel  dan Paths
 
  • Layers : digunakan untuk menambah, menghapus, menampilkan atau menyembunyikan, menduplikat dan mengelompokkan layer yang ada di atas Background.  Layer merupakan lembaran yang saling bertumpuk antar lapisan dan transparant yang memuat objek gambar atau teks.
  • Channel : digunakan untuk menampilkan channel-channel / warna pembentuk gambar.
  • Paths : digunakan untuk melihat deretan layers yang berisi objek-objek path yang terdapat dalam dokumen.
 Jika anda belum paham silahkan anda tanyakan dengan menulis dikolom komentar. Jika ada yang salah mohon untuk dikritik + sarannya , karena kritik dan saran anda sangat bermanfaat bagi saya. Jika anda menyukai artikel ini silahkan share ke teman-teman anda, jangan biarkan teman-teman anda kudet. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.

Share this :

Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Sangat bermanfaat artikelnya memudahkan yang pemula untuk memahami tools di photoshop.
Mohon memberikann izin untuk saya bagikan dan menjadi referensi artikel di blog saya ^_^ walaupun hanya beberapa. Terimakasih ^_^
Salam hangat blogger

Balas
avatar

Trimakasih infonya gan, bisa di praktekkan nih

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔